GO SEO LOGO

GO SEO LOGO
Solusinya Dalam Mengulas Internet...

Macam Widget Dan Tutorial Memasangnya

Macam Widget Dan Tutorial Memasangnya
GoSEO.id - Widget dapat pula disebut sebagai gadget. Dalam dunia blog widget dapat diartikan sebagai kumpulan dari fitur yang dikeluarkan oleh penyedia jasa layanan blog gratis yaitu Blogger.com. Tujuan dari widget yaitu untuk memaksimalkan fungsi Blog yakni sebagai sarana penyedia informasi bagi khalayak umum. Melalui widget yang dipasang pada laman blog, masyarakat akan memperoleh informasi lebih mengenai blog kita. Selain dari pihak Blogger.com sendiri, kita dapat memperoleh widget dari berbagai situs yang menyediakannya secara gratis.


Apa Saja Macam-Macam Widget?

Widget yang disediakan oleh Blogger.com sendiri, saat ini terdapat 25 macam yang tentu saja memiliki fungsi yang berbeda. Cukup banyak bukan? Tidak menutup kemungkinan jumlah widget yang tersedia saat ini dapat bertambah atau berkurang seiring berjalannya waktu. Kita dapat menemukan widget pada menu “Layout” atau “Tata Letak” pada laman Blogger, lalu klik “Add gadget” atau “Tambahkan gadget”.

Lalu apa saja macamnya dan apa fungsi dari widget tersebut? Yuk simak penjelasan selanjutnya!


Kembali ke List TOC



1. Featured Post

Featured Post berfungsi untuk menampilkan postingan yang menjadi headline dengan kata lain menampilkan postingan atau artikel yang kita anggap paling menarik dan menjadi tujuan utama agar dilihat atau dibaca pengunjung blog kita dalam periode waktu tertentu. Widget ini hanya dapat memuat satu postingan/artikel yang menjadi headline. Apabila kita memiliki lebih dari satu artikel yang menarik, kita hanya dapat memilih salah satu saja.

Kembali ke List TOC



2. Blog Search

Widget Blog Search berfungsi untuk melakukan pencarian yang terbatas dalam blog kita saja. Melalui widget ini, pengunjung blog dapat mencari artikel atau postingan lain yang ingin mereka ketahui. Hasil pencarian akan terbatas menampilkan artikel di situs blog kita.

Kembali ke List TOC



3. HTML/Java Script

HTML/Java Script merupakan kode atau bahasa pemrograman yang digunakan dalam website, termasuk blog. Apabila kita memasang widget Java Script maka kita dapat menambahkan kode script dari situs penyedia widget lain ke dalam blog, sehingga hasil kode akan muncul di laman blog kita. Kode ini bisa digunakan untuk menampilkan iklan, atau hiasan-hiasan di blog kita.

Kembali ke List TOC



4. Profile

Widget Profile berfungsi untuk menunjukkan informasi dari pemilik blog. Pengunjung blog akan mengetahui siapa pemilik blog ini melalui Profile.

Kembali ke List TOC



5. Blog Archive

Blog Archive berfungsi untuk menampilkan seluruh postingan atau artikel di blog kita. Fungsi widget ini dapat dikatakan sebagai daftar isi. Kita juga dapat mengatur postingan berdasarkan urutan waktu dari postingan atau artikel mulai dari yang terbaru hingga yang terlama.

Kembali ke List TOC



6. Page Header

Widget ini berfungsi untuk menunjukkan judul dan deskripsi blog kita. Kita dapat mengatur font dan juga background dari header blog sesuai keinginan.

Kembali ke List TOC



7. Followers

Widget ini akan menampilkan daftar followers atau pengikut blog kita. apabila kita telah mengunggah artikel baru maka dengan cepat pengikut akan segera menerima informasi di dashboardnya bahwa kita telah mengunggah artikel.

Kembali ke List TOC



8. Image

Fungsi dari widget image adalah untuk menambahkan gambar pada blog. Gambar tersebut bisa mengarahakan pembaca pada link lain ketika mereka melakukan klik pada gambar.

Kembali ke List TOC



9. Labels

Fungsi dari labels adalah untuk menampilkan kategori-kategori yang telah kita buat dalam blog. Label akan memudahkan pengunjung blog apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang suatu kategori dalam blog. Misalnya kita membuat blog tentang sains, yang terdiri dari label fisika, kimia, dan biologi. Pengunjung blog tinggal klik label fisika untuk memperoleh semua informasi tentang fisika di laman kita, begitu pula dengan label lainnya.

Kembali ke List TOC



10. Pages

Fungsi dari widget pages adalah untuk menunjukkan list dari halaman yang berdiri sendiri.

Kembali ke List TOC



11. Link List

Widget ini berfungsi untuk menampilkan link suatu laman website, blog, atau halaman yang ingin kita bagikan kepada pengunjung blog agar mereka dapat melihatnya juga.

Kembali ke List TOC



12. Text

Text berfungsi untuk menambahkan berbagai tulisan di blog kita. kita juga bisa menyisipkan link pada tulisan tersebut. Ketika pengunjung blog melakukan klik maka akan langsung terhubung ke laman link dalam text.

Kembali ke List TOC



13. Popular Posts

Popular Posts akan menunjukkan list artikel atau postingan dalam blog kita yang paling banyak dikunjungi kepada pembaca blog.

Kembali ke List TOC



14. Blog’s stats

Widget ini akan menunjukkan jumlah kunjungan pada suatu postingan pada blog.

Kembali ke List TOC



15. Blog List

Blog list hampir sama fungsinya dengan link list. Melalui widget ini kita dapat membagikan blog favorit kita kepada pengunjung blog agar mereka dapat berkunjung ke blog tersebut dengan mudah.

Kembali ke List TOC



16. Follow by Email

Follow by Email bermanfaat untuk memberikan pemberitahuan kepada pengikut blog melalui email mereka ketika kita mengunggah artikel terbaru pada blog.

Kembali ke List TOC



17. Feed

Manfaat dari widget ini adalah kita dapat menambahkan konten dari RSS atau Atom kita ke dalam blog.

Kembali ke List TOC



18. Logo

Melalui widget ini kita bisa memasang logo blogger pada laman blog kita.

Kembali ke List TOC



19. Subscription Links

Melalui Subscription Links yang ditampilkan dalam blog, pengunjung akan mudah untuk melakukan langganan (subscribe) blog kita.

Kembali ke List TOC



20. Translate

Melalui widget ini pengunjung dapat menerjemahkan blog kita dalam berbagai bahasa. Tentunya terjemahan bahasa diperoleh dari google translate.

Kembali ke List TOC



21. List

List berfungsi untuk menambahkan semua hal-hal yang kita sukai, misalnya judul buku, film, dan sebagainya.

Kembali ke List TOC



22. Contact Form

Kita dapat menambahkan kontak kita dalam blog agar diketahui pengunjung, bisa berupa email, atau nomor telpon sesuai yang diperlukan.

Kembali ke List TOC



23. Wikipedia

Melalui widget ini kita dapat menelusuri artikel di wikipedia denga mudah.

Kembali ke List TOC



24. Attribution

Widget ini menampilkan data atribusi atau penilaian orang tentang blog kita.

Kembali ke List TOC



25. Report abuse

Widget Report Abuse berfungsi untuk melaporkan konten yang tidak pantas pada blog agar tidak terjadi penyalahgunaan

Kembali ke List TOC



Pentingkah Memasang Widget pada Blog?

Widget sangat penting untuk ditampilkan dalam blog untuk menambahkan informasi tentang blog kita kepada pengunjung. Akan tetapi, apabila kita menggunakan widget yang terlalu banyak maka blog akan menjadi berat dan sulit untuk diakses. Oleh karena itu, dari 25 widget yang disediakan oleh blogger.com alangkah baiknya bila kita memasang widget yang sangat diperlukan saja, tidak semuanya. Penggunaan widget harus efektif agar pengunjung nyaman dan memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Apabila terlalu banyak memasang widget, pengunjung blog dapat terganggu dengan tampilan laman.

Kembali ke List TOC



Bagaimana Cara Memasang Widget?

  1. Masuk ke Dashboard Blogger lalu pilih menu “Layout” atau “Tata Letak”
  2. Pilih “Add gadget” atau “Tambahkan gadget”. Kita akan langsung di arahkan ke laman baru yang memuat macam-macam gadget yang telah disediakan Blogger.com.

  3. Pilih gadget yang ingin kita tampilkan pada blog dengan klik tanda “+”

  4. Lalu klik menu “save” dan widget sudah ditambahkan ke dalam blog kita.

  5.  Apabila kita ingin menambahkan gadget gratis dari situs lain, langkah yang dilakukan yaitu:
    a. Klik tanda “+” pada widget HTML/Java Script
    b. Kita akan masuk ke menu konfigurasi HTML/Java Script.

    c. Copy kode HTML yang didapatkan dari situs ke dalam “content”

    d. Lalu klik “save” dan widget akan muncul di blog.

  6. Apabila ingin melepas widget yang telah terpasang dari tampilan blog, yang harus dilakukan yaitu:
    a. Masuk ke Dashboard Blogger lalu pilih menu “Layout” atau “Tata Letak” arahkan ke bagian “Add gadget” atau “Tambahkan gadget”.
    b. Klik Edit pada layout yang menunjukkan widget yang ingin diremove/hapus dari blog

    c. Kita akan memasuki laman konfigurasi widget, lalu klik “remove/hapus”

Kembali ke List TOC



Penutup

Ada banyak sekali widget pada blogger. Saran saya iyalah menggunakan widget seperlunya saja agar blog tetap fast loading. Gunakan widget yang kamu anggap perlu dan dapat memudahkan pengunjung meng-akses keseluruhan isi blog. Kamu mungkin mempunyai beberapa referensi atau widget lain yang tidak saya tuliskan pada postingan ini. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dan jika kamu menyukai konten ini atau ingin mengikuti postingan kami selanjutnya silahkan share dan subscribe. Semoga postingan "Macam Widget Dan Tutorial Memasangnya" bermanfaat untuk kamu dan memudahkan kamu dalam memahami memahami dan menggunakan widget blogger.

Berlangganan update post terbaru via email:

2 Responses to "Macam Widget Dan Tutorial Memasangnya"

  1. Untuk membuat beberapa menu header itu gimana ya ? saya udah coba beberapa kali tapi nggak berhasil. Maklum om, belajar blognya otodidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu header bisa dibuat pada tema => Edit HTML..
      Tergantung pada beberapa tema yang kamu pakai, akan tetapi pada sebagian tema kamu bisa search pada navmenu.

      Delete

Top Ads

Bottom Ads

Baca Juga

Bottom Ads