GO SEO LOGO

GO SEO LOGO
Solusinya Dalam Mengulas Internet...

Tutorial SEO Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Tutorial SEO Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Tutorial SEO Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
GoSEO.id - SEO tidak sesulit orang yang berpura-pura. Kamu bisa mendapatkan 95% dari usaha dengan 5% dari pekerjaan, dan Kamu benar-benar tidak perlu menyewa SEO profesional untuk melakukannya, juga tidak akan sulit untuk memulai peringkat untuk istilah-istilah kunci yang dipilih dengan baik.
Dari semua saluran yang akan kita diskusikan, SEO adalah yang paling salah informasi tentangnya. Beberapa di antaranya halus, tetapi beberapa tersebar luas dan diyakini oleh apa yang disebut konsultan SEO yang sebenarnya tidak tahu apa yang mereka lakukan.

SEO sangat sederhana, dan kecuali Kamu adalah perusahaan yang sangat besar, mungkin tidak layak mempekerjakan orang lain untuk melakukannya.


Bagaimana Google Bekerja

Untuk memahami apa yang perlu kita lakukan untuk SEO, mari kita melihat kembali bagaimana Google memulai, bagaimana itu berkembang hari ini, dan mengembangkan landasan dari mana kita dapat memahami bagaimana cara mendapatkan peringkat di Google.

Kembali ke List TOC



Masa Dini Google

Ide untuk PageRank - algoritma peringkat awal Google - berasal dari Einstein. Larry Page dan Sergei Brin adalah mahasiswa di Stanford, dan mereka memperhatikan seberapa sering studi ilmiah merujuk pada makalah terkenal, seperti teori relativitas. Referensi-referensi ini bertindak hampir seperti suara - semakin banyak referensi Kamu dirujuk, semakin penting itu seharusnya. Jika mereka mengunduh setiap makalah ilmiah dan melihat referensi, mereka secara teoritis dapat memutuskan makalah mana yang paling penting, dan memberi peringkat mereka.

Mereka menyadari bahwa karena tautan, Internet dapat dianalisis dan diberi peringkat dengan cara yang sama, kecuali alih-alih menggunakan referensi, mereka dapat menggunakan tautan. Jadi mereka mulai mencoba "mengunduh" (atau merayapi) seluruh Internet, mencari tahu situs mana yang paling ditautkan. Situs dengan tautan terbanyak, secara teoritis, adalah situs terbaik. Dan jika Kamu melakukan pencarian untuk "universitas," mereka dapat melihat halaman yang berbicara tentang "universitas" dan peringkat mereka.

Kembali ke List TOC



Google Today

Google bekerja sebagian besar dengan cara yang sama hari ini, meskipun dengan lebih banyak kecanggihan dan nuansa. Misalnya, tidak semua tautan memiliki bobot yang sama. Tautan dari situs otoritatif (seperti yang dilihat oleh berapa banyak tautan yang ditunjukkan situs) jauh lebih berharga daripada tautan dari situs non-otoritatif. Tautan dari New York Times mungkin bernilai sekitar 10.000 tautan dari situs yang tidak memiliki banyak otoritas.

Pada akhirnya, tujuan Google adalah menemukan halaman web “terbaik” (atau paling populer) untuk kata-kata yang Kamu ketikkan di bilah pencarian.

Semua ini artinya kita perlu menjelaskan kepada Google tentang halaman kita, dan kemudian menjelaskan bahwa kita populer. Jika kita melakukan itu, kita menang. Untuk melakukan itu, kami akan mengikuti proses yang sangat sederhana yang bekerja setiap saat dengan sedikit usaha daripada yang mungkin Kamu pikir diperlukan.

Kembali ke List TOC



Game Sistem

Google adalah perusahaan yang sangat cerdas. Kecanggihan algoritma yang mereka tulis luar biasa; ingatlah bahwa saat ini ada mobil-mobil yang mengemudi di Lembah Silikon yang ditenagai oleh algoritma Google.

Jika Kamu terlalu jauh ke dalam lubang kelinci SEO, Kamu akan mulai menemukan cara spam untuk mencoba mempercepat proses ini. Perangkat lunak otomatis seperti RankerX, GSA SER, dan Scrapebox, instruksi untuk membuat konten spam atau spin, linkwheels, PBNs, domain peretasan, dll.

Beberapa dari hal itu bekerja sangat singkat, tetapi Google cerdas dan semakin pintar. Semakin sulit untuk mengalahkan Google setiap hari, dan Google semakin cepat mematikan situs spam setiap hari. Sebagian besar bahkan tidak bertahan seminggu sebelum semua yang Kamu lakukan menghilang dan pekerjaan Kamu menguap. Itu bukan cara Kamu melakukan sesuatu.

Alih-alih churn and burn berbasis Internet kami akan berfokus pada membangun ekuitas di Internet. Jadi, jika Kamu melihat beberapa konsultan SEO bergaji tinggi memberi tahu Kamu untuk menggunakan perangkat lunak dan memutar konten untuk menghasilkan tautan, atau ketika Kamu melihat beberapa blackhatter mengalahkan sistem, ketahuilah bahwa itu tidak sepadan. Kami akan membangun otoritas dan mendapatkan lalu lintas dengan cepat, tetapi kami akan melakukannya dengan cara yang tidak menghilangkan atau melumpuhkan situs Kamu di masa mendatang.

Kembali ke List TOC



SEO On-Page

Langkah pertama dalam menyiapkan situs kami untuk diperingkat adalah menjelaskan kepada Google tentang situs kami.

Untuk saat ini kami akan memfokuskan beranda kami (laman landas kami) pada peringkat untuk satu kata kunci yang bukan merek atau nama perusahaan kami. Setelah kami melakukannya dan mendapatkan peringkat itu, kami dapat beralih ke kata kunci lain dan mulai mendominasi lanskap pencarian, tetapi untuk saat ini kami akan tetap fokus pada laser.

Kembali ke List TOC



Penelitian Kata Kunci

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu apa kata kunci itu. Bergantung pada seberapa populer situs kami dan berapa lama keberadaannya, tingkat lalu lintas dan kesulitan yang akan kami dapatkan dari upaya ini dapat bervariasi.

Kembali ke List TOC



Long Tail (Ekor Panjang)

Ada konsep yang perlu kita kenal yang dikenal sebagai "Long Tail (Ekor Panjang)".

Jika kita membuat grafik "popularitas" dari sebagian besar hal dengan "popularitas" menjadi sumbu Y dan urutan peringkat menjadi sumbu X, kita akan mendapatkan sesuatu seperti grafik hukum kekuatan:


Ada beberapa hit besar yang mendapat perhatian besar, dan setelah beberapa hit grafiknya turun tajam. Teori Long Tail (Ekor Panjang) mengatakan bahwa ketika kita menjadi lebih beragam sebagai masyarakat, ujung kuning grafik di atas akan terentang selamanya dan semakin tinggi.

Pikirkan Amazon. Mereka mungkin memiliki beberapa produk terlaris, tetapi sebagian besar pendapatan ritel mereka berasal dari berbagai hal yang tidak dibeli di mana saja hampir sesering produk terlaris mereka. Demikian pula, jika kita peringkat popularitas lagu yang diputar dalam 10 tahun terakhir, akan ada beberapa hits yang akan mengumpulkan sebagian besar drama, dan sejumlah besar lagu yang hanya memiliki beberapa drama. Produk dan lagu yang kurang populer itu adalah yang kami sebut long tail.

Dalam SEO ini penting karena, setidaknya pada awalnya, kita akan mencari kata kunci Long Tail (Ekor Panjang) - sangat tepat, kata kunci yang digerakkan oleh niat dengan persaingan lebih rendah yang kita tahu dapat menang, kemudian secara bertahap kita akan bekerja dengan cara kita ke kiri.

Situs kami pada awalnya tidak akan mengungguli kata kunci ultra-kompetitif, tetapi dengan lebih spesifik kami dapat mulai memenangkan lalu lintas yang sangat bertarget dengan usaha yang jauh lebih sedikit.

Kata kunci yang kami cari akan kami sebut sebagai "kata kunci Long Tail (Ekor Panjang)".

Kembali ke List TOC



Menemukan Long Tail (Ekor Panjang)

Untuk menemukan kata kunci berLong Tail (Ekor Panjang) sempurna kami, kami akan menggunakan kombinasi empat alat, yang semuanya gratis.

Prosesnya terlihat seperti ini:

  1. Gunakan UberSuggest, KeywordShitter, dan sedikit curah pendapat untuk menghasilkan beberapa kata kunci
  2. Ekspor kata kunci tersebut ke Perencana Kata Kunci Google untuk memperkirakan tingkat lalu lintas
  3. Cari kata kunci tersebut dengan ekstensi chrome SEOQuake yang terinstal untuk menganalisis kesulitan kata kunci yang sebenarnya
Jangan diintimidasi - ini sebenarnya sangat sederhana. Untuk contoh ini kami akan berpura-pura seolah menemukan kata kunci untuk buku ini (dan kami mungkin harus membuat situs sehingga Kamu melihat apakah kami mendapat peringkat di sana dalam beberapa bulan).

Kembali ke List TOC



Langkah 1: Brainstorming dan Pembuatan Kata Kunci


Pada langkah ini, kami hanya akan mengidentifikasi beberapa kata kunci yang sepertinya berfungsi. Jangan terlalu berkonsentrasi pada pemusnahan daftar pada saat ini, karena sebagian besar kata kunci yang buruk akan secara otomatis dihilangkan sebagai bagian dari proses.

Jadi karena ini adalah buku tentang peretasan pertumbuhan, saya akan mencantumkan beberapa kata kunci yang cocok:
  • Growth hacking (Peretasan pertumbuhan)
  • Growth marketing (Pemasaran pertumbuhan)
  • Internet marketing (Pemasaran internet)
  • Growth hacking guide (Panduan peretasan pertumbuhan)
  • Growth hacking book (Buku hacking pertumbuhan)
  • Book about growth hacking (Buku tentang peretasan pertumbuhan)
  • What is growth hacking (Apa itu peretasan pertumbuhan)
  • Growth hacking instructions (Instruksi pertumbuhan peretasan)
Itu daftar yang cukup bagus untuk memulai. Jika Kamu mulai kehabisan ide, silakan dan periksa keywordshitter.com. Jika Kamu memasukkan satu kata kunci, kata kunci itu akan mulai mengeluarkan ribuan variasi hanya dalam beberapa menit. Cobalah untuk mendapatkan daftar padat 5-10 untuk memulai.

Sekarang kita akan pasang setiap kata kunci ke UberSuggest. Ketika saya pasang yang pertama - "peretasan pertumbuhan" - di, saya mendapatkan 246 hasil.

Mengklik "view as text" akan memungkinkan kami menyalin dan menempelkan semua kata kunci kami ke dalam editor teks dan membuat daftar yang sangat besar.


Ikuti proses itu dengan setiap kata kunci yang Kamu buat.

Sekarang kami akan menganggap Kamu memiliki 500+ kata kunci. Jika tidak, coba mulai dengan sesuatu yang lebih umum dan luas sebagai kata kunci, dan Kamu akan mendapatkan banyak dengan cepat. Idealnya Anda akan memiliki lebih dari 1500.

Kembali ke List TOC



Langkah 2: Memperkirakan Lalu Lintas

Sekarang kami memiliki daftar kata kunci yang cukup bagus. Langkah kami selanjutnya adalah mencari tahu apakah mereka memiliki volume pencarian yang cukup untuk menjadi nilai kami.

Kamu mungkin akan melihat bahwa ada beberapa Long Tail sehingga mereka tidak akan berbuat banyak untuk kita. Misalnya, daftar peretasan pertumbuhan saya muncul dengan "5 teknik pemasaran internet." Kami mungkin tidak akan mengikuti yang satu itu, tetapi alih-alih menebak kami dapat membiarkan Google melakukan pekerjaan untuk kami. Ini akan menjadi langkah kita keluar.

Kembali ke List TOC



Perencana Kata Kunci Google (Google Keyword Planner)

Perencana Kata Kunci Google (Google Keyword Planner) adalah alat yang dimaksudkan untuk pengiklan, tetapi itu memberi kita beberapa gambaran kasar tentang tingkat lalu lintas.

Google tidak menjanjikan akurasi, sehingga angka-angka ini kemungkinan hanya benar secara searah, tetapi mereka cukup untuk membuat kita berada di jalur yang benar.

Kamu harus memiliki akun AdWords untuk dapat menggunakan alat ini, tetapi Anda dapat membuatnya secara gratis jika Kamu belum pernah menggunakan AdWords di masa lalu.

Setelah Anda masuk, pilih "Dapatkan data volume dan tren penelusuran."

Rekatkan di daftar kata kunci Kamu yang sangat besar, dan klik "Dapatkan volume pencarian." Setelah Kamu selesai melakukannya, Kamu akan melihat banyak grafik dan data.

Sayangnya antarmuka Perencanaan Kata Kunci sedikit mimpi buruk untuk bekerja di dalamnya, jadi alih-alih kami akan mengekspor data kami untuk unggul dengan tombol "unduh" dan bermainlah di sana.

Sekarang yang akan kita lakukan adalah memutuskan lalu lintas apa yang ingin kita kejar.

Ini sedikit bervariasi berdasarkan seberapa besar otoritas situs Kamu. Jadi mari kita coba menentukan seberapa mudah bagi Kamu untuk menentukan peringkat.

Buka SEMrush.com dan masukkan URL Anda, dengan melihat total backlink di kolom ketiga:


Sebagai aturan umum (ini dapat bervariasi berdasarkan pada berapa usia situs Kamu, dari siapa tautannya, dll.), Berdasarkan jumlah tautan yang Kamu miliki, ini adalah tingkat "kesulitan" maksimum yang harus Kamu kejar.

Jumlah Tautan Balik

Kesulitan maksimum

<30: <40

<100: 40–50

<1000: 50–70

1000+: 70+

Silakan mengurutkan data berdasarkan kesulitan, dan menghilangkan semua hal yang terlalu tinggi untuk situs Kamu (jangan khawatir, kami akan mendapatkan kata kunci itu nanti). Untuk saat ini Kamu cukup menghapus baris-baris itu.

Kembali ke List TOC



Pencocokan Tepat (Exact Match)

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa Google memberi kami volume ini sebagai volume "pencocokan tepat (Exact Match)". Ini berarti bahwa jika ada sedikit variasi kata kunci, kami akan melihatnya jika kata-kata tersebut adalah sinonim, tetapi tidak jika digunakan dalam frasa, sehingga lalu lintas akan diremehkan dari apa yang Kamu harapkan secara keseluruhan.

Sekarang dengan penafian itu mengurutkan volume lalu lintas tertinggi ke terendah, dan dari data ini memilih lima kata kunci yang sepertinya cocok.

Ini milik saya:
  • strategi peretasan pertumbuhan (growth hacking strategies)
  • teknik peretasan pertumbuhan (growth hacking techniques)
  • peretasan pertumbuhan 101 (growth hacking 101)
  • instagram peretasan pertumbuhan (growth hacking instagram)
  • twitter pertumbuhan peretasan (growth hacking twitter)
Milik saya semua terlihat sama, tetapi itu belum tentu demikian.

Kembali ke List TOC



Tren Kata Kunci

Sayangnya “kesulitan kata kunci” yang Google berikan kepada kami didasarkan pada lalu lintas pencarian berbayar, bukan pada lalu lintas pencarian alami.

Pertama, mari kita gunakan Google Trends untuk melihat volume kata kunci dan lintasan secara bersamaan. Kamu dapat memasukkan semua kata kunci pada saat yang bersamaan dan melihatnya digambarkan satu sama lain. Untuk kata kunci saya tampilannya seperti ini:


Yang paling saya sukai adalah ungu dan merah, yaitu "Teknik peretasan pertumbuhan" dan "Peretasan pertumbuhan."

Sekarang kita akan melihat lebih dalam seperti apa kompetisi untuk kedua kata kunci tersebut.

Kembali ke List TOC



Analisis Kesulitan Kata Kunci Manual

Untuk menganalisis seberapa sulit menentukan peringkat kata kunci tertentu, kami harus melihat kata kunci secara manual, satu per satu. Itu sebabnya kami mulai dengan menemukan beberapa kata kunci long tail dan mempersempit daftar.

Proses ini menjadi jauh lebih mudah jika Anda mengunduh ekstensi SEOQuake Chrome. Setelah selesai, lakukan pencarian Google dan Anda akan melihat beberapa perubahan.

Dengan SEOQuake diaktifkan, data SEO yang relevan dari setiap situs ditampilkan di bawah setiap hasil pencarian.

Kami akan mengubah apa yang ditampilkan, jadi di bilah sisi kiri klik "parameter" dan atur sebagai berikut:


SEOQuake menambahkan nomor peringkat, dan yang berikut di bagian bawah:

Indeks Google: Ini adalah berapa banyak halaman dari URL dasar ini yang telah diindeks oleh Google

Tautan Halaman: Jumlah halaman yang menghubungkan ke domain yang tepat yang diberi peringkat berdasarkan indeks SEMrush (biasanya sangat rendah dibandingkan dengan kenyataan, tetapi karena kita akan menggunakan nomor ini untuk membandingkannya, akan menjadi sedikit apel untuk apel)

Tautan URL: Jumlah halaman yang menunjuk ke halaman mana saja di URL dasar

Umur: Pertama kali halaman diindeks oleh Internet Archive

Traffic: Nomor traffic bulanan yang sangat kasar untuk URL dasar

Melihat ini, kita dapat mencoba menentukan kira-kira apa yang diperlukan untuk menyalip situs di posisi ini.

Kamu akan melihat bahwa bobot indikator berubah. Tidak semua tautan berasal dari sumber yang baik, tautan laman langsung lebih penting daripada tautan URL, dll., Tetapi jika Kamu berkeliling dan bermain dengannya sebentar, Kamu akan mendapatkan gagasan yang cukup bagus tentang apa yang diperlukan.

Jika Kamu memiliki situs baru, dibutuhkan satu atau dua bulan untuk mulai menghasilkan jumlah tautan untuk sampai ke halaman satu. Jika Kamu memiliki situs yang lebih lama dengan lebih banyak tautan, mungkin hanya masalah menempatkan SEO pada halaman Anda. Umumnya itu akan menjadi campuran keduanya.

Ingatlah bahwa kami akan mengoptimalkan halaman kami untuk kata kunci yang tepat ini, jadi kami memiliki sedikit keuntungan. Yang mengatakan, jika Kamu mulai melihat halaman dari situs-situs seperti Wikipedia, Kamu akan tahu itu adalah perjuangan berat.

Berikut adalah beberapa contoh sehingga Kamu dapat melihat bagaimana Kamu harus memikirkan hal-hal ini, dimulai dengan "Teknik peretasan pertumbuhan."


Entrepreneur.com jelas merupakan nama besar, dan "teknik peretasan pertumbuhan" ada dalam judul secara eksplisit. Ini akan sulit dikalahkan, tetapi tidak ada tautan dalam indeks SEMRush yang mengarah langsung ke halaman.

(Omong-omong, saya bertanya-tanya seberapa sulit untuk menulis artikel untuk entrepreneur.com - Saya mungkin bisa melakukan itu dan membangun beberapa tautan dengan mudah, bahkan menautkan ke situs saya di artikel).


Yongfook.com, belum pernah mendengar situs itu. 206 total tautan, tidak banyak lalu lintas, yang ini bisa saya lewatkan. Itu memang memiliki sedikit usia dan "taktik peretasan Pertumbuhan" dalam judul secara eksplisit, sehingga akan membuatnya sulit, tetapi yang ini bisa dilewatkan setelah beberapa saat.


Baiklah, jadi quicksprout relatif populer, banyak tautan, usia bagus, banyak lalu lintas, beberapa tautan langsung ke halaman tetapi tidak banyak.

Tetapi kata "taktik" bahkan tidak muncul di sini. Halaman ini tidak dioptimalkan untuk kata kunci ini, jadi saya mungkin bisa menghilangkannya dengan dioptimalkan secara khusus untuk "taktik peretasan pertumbuhan."

Mari kita lompat ke bawah cara untuk melihat betapa sulitnya untuk sampai di halaman depan.


17 total halaman diindeks? Dibuat tahun 2014? Tidak ada tautan dalam indeks, bahkan ke URL root? Ini milikku. Saya harus bisa ke halaman depan dengan mudah.

Jadi ini sepertinya kata kunci yang bagus. Sekarang kita hanya perlu mendapatkan on-page SEO di tempat dan mulai membangun beberapa tautan.

Kembali ke List TOC



SEO On-Page

Sekarang setelah kata kunci kami dipilih, kami perlu memastikan Google tahu tentang apa situs kami. Ini sesederhana memastikan kata kunci yang tepat ada di tempat yang tepat. Sebagian besar ini ada hubungannya dengan tag html, yang membentuk struktur halaman web. Jika Kamu tidak tahu html atau mengerti cara kerjanya, sampaikan saja daftar ini ke pengembang dan mereka seharusnya dapat membantu Kamu.

Berikut adalah daftar periksa sederhana yang dapat Anda ikuti untuk melihat apakah konten Kamu dioptimalkan.

Kembali ke List TOC



Daftar Periksa SEO On-Page

  • Kata kunci Kamu ada di tag <title>, idealnya di bagian depan (atau dekat ke depan) dari tag
  • Kata kunci Kamu dekat dengan awal tag <title> (idealnya kata pertama)
  • Tag judul berisi kurang dari batas yang dapat dilihat 65 karakter (opsional tetapi disarankan)
  • Kata kunci Kamu ada di tag <h1> pertama (dan halaman Kamu memiliki tag <h1>)
  • Jika halaman Kamu mengandung tag header tambahan (<h2>, <h3>, dll) kata kunci atau sinonim Kamu ada di sebagian besar dari mereka
  • Setiap gambar di halaman memiliki tag <alt> yang berisi kata kunci pilihan Kamu
  • Kata kunci Kamu ada dalam deskripsi meta (dan ada deskripsi meta)
  • Setidaknya ada 300 kata teks di halaman
  • Kata kunci Kamu muncul di URL (jika bukan beranda)
  • Kata kunci Kamu muncul di paragraf pertama salinan
  • Kata kunci Kamu (atau sinonim - Google mengenalinya sekarang) digunakan di lain waktu di seluruh halaman
  • Kepadatan kata kunci Kamu adalah antara 0,5% dan 2,5%
  • Halaman ini berisi tautan dofollow ke halaman lain (ini artinya Kamu tidak menggunakan tautan nofollow ke setiap halaman lain)
  • Halaman tersebut adalah konten asli yang tidak diambil dari halaman lain dan berbeda dari halaman lain di situs Anda
Jika Kamu memiliki semua itu di tempat Kamu harus cukup baik diatur dari perspektif halaman. Kamu mungkin akan menjadi halaman yang paling optimal untuk kata kunci pilihan Kamu kecuali Kamu berada dalam ruang yang sangat kompetitif.

Yang tersisa sekarang adalah optimasi di luar halaman.

Kembali ke List TOC



SEO Off-Page

SEO Off-Page hanyalah cara yang bagus untuk mengatakan tautan. (Kadang-kadang kami menyebutnya backlink, tapi itu sama saja.)

Google melihat setiap tautan di web sebagai suara terbobot. Jika Kamu menautkan sesuatu, di mata Google Kamu mengatakan, "Ini layak untuk dicoba." Semakin sah Kamu, semakin berat Kamu dipilih.

Kembali ke List TOC



Jus tautan

SEO memiliki cara aneh untuk menggambarkan proses pemilihan ini; mereka menyebutnya "jus tautan." Jika situs otoritatif, kami akan mengatakan Wikipedia misalnya, tautan ke Kamu mereka memberikan Kamu "jus tautan".

Tetapi jus tautan tidak hanya berfungsi dari satu situs ke situs lainnya - jika beranda Kamu sangat otoritatif dan terhubung ke halaman lain di situs Anda, jus itu juga akan melewati jus tautan. Karena alasan ini struktur tautan kami menjadi sangat penting.

Kembali ke List TOC



Memeriksa Link Juice

Ada sejumlah alat yang memungkinkan Kamu memeriksa berapa banyak tautan yang menunjuk ke sebuah situs dan apa otoritas dari halaman tersebut. Sayangnya tidak ada satupun yang sempurna - satu-satunya cara untuk mengetahui tautan apa yang mengarah ke situs Kamu adalah dengan merayapi halaman-halaman itu.

Google menjelajah halaman paling populer beberapa kali per hari, tetapi mereka tidak ingin Kamu memanipulasinya, sehingga mereka memperbarui indeksnya dengan cukup lambat.

Yang mengatakan, Kamu dapat memeriksa setidaknya sampel indeks Google di Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Alat Webmaster). Setelah Kamu menavigasi ke situs Anda, Di sisi kiri pilih "Cari Lalu Lintas" lalu "Tautan ke situs Kamu." Ada perdebatan yang mengamuk apakah ini benar-benar menunjukkan kepada Kamu semua tautan yang diketahui Google (saya 99) % yakin itu hanya sampel), tetapi setidaknya sampel yang representatif.

Untuk melihat semua tautan Kamu, klik "Lainnya" di bawah "Siapa yang paling menautkan ke Kamu" lalu "Unduh tabel ini." Ini, sekali lagi, tampaknya hanya mengunduh sampel dari apa yang diketahui Google. Kamu juga dapat memilih "Unduh tautan terbaru" yang menyediakan lebih banyak tautan terbaru daripada opsi lainnya.

Sayangnya ini tidak membuat kami melihat banyak nilai tautan, juga tidak menunjukkan kepada kami tautan yang telah jatuh atau dari mana tautan itu berasal.

Untuk menggunakan itu ada berbagai macam alat: Jika Kamu memiliki anggaran saya akan pergi dengan ahrefs.com karena mereka memiliki indeks terbesar, diikuti oleh Open Site Explorer Moz (sebagian besar data yang bisa Kamu dapatkan dengan akun gratis, jika tidak maka ini sedikit lebih murah daripada ahrefs), dan akhirnya SEMrush, yang gratis untuk sebagian besar keperluan yang kita butuhkan. MajesticSEO menggunakan kombinasi "aliran kepercayaan" dan "aliran kutipan" yang juga berfungsi cukup baik untuk memberi Kamu gambaran tentang kesehatan secara keseluruhan dan jumlah tautan yang menunjuk ke situs Kamu.

Semua ini menggunakan metrik internal yang berbeda untuk menentukan "otoritas" suatu tautan, tetapi menggunakannya untuk membandingkan apel dengan apel bisa bermanfaat.

Kembali ke List TOC



Struktur Tautan

Tautan HTML terlihat seperti ini:

<a href="http://www.ContohTautan.com" title="keyword"> Anchor text </a>

Di mana http://www.ContohTautan.com adalah tempat tautan mengarahkan Kamu, judulnya sebagian besar merupakan sisa waktu yang berlalu, dan teks yang ditautkan - pikirkan kata-kata yang berwarna biru dan Kamu mengklik - disebut “ jangkar teks. "

Selain jumlah jus tautan yang dimiliki laman, relevansi teks jangkar juga penting.

Secara umum Kamu ingin menggunakan kata kunci sebagai jangkar teks untuk tautan internal Kamu bila memungkinkan. Tautan eksternal (dari situs lain) tidak boleh sangat dioptimalkan untuk teks jangkar. Jika 90% dari semua tautan Kamu memiliki jangkar teks yang sama, Google dapat melempar bendera merah, dengan anggapan bahwa Kamu melakukan sesuatu yang mencurigakan.

Jika Kamu pernah membuat tautan (seperti yang akan kami tunjukkan di masa depan), saya hanya akan menggunakan sesuatu yang generik seperti nama situs, "di sini" atau URL lengkap.

Kembali ke List TOC



Struktur internal

Secara umum Kamu tidak menginginkan halaman yatim (yang tidak ditautkan oleh halaman lain), atau Kamu menginginkan struktur tautan yang terlalu berantakan.

Ada yang bilang struktur tautan ideal untuk sebuah situs adalah seperti ini:


Itu sudah dekat, tetapi ada beberapa hal yang salah. Pertama, Kamu tidak akan pernah memiliki struktur yang terorganisir, dan kedua, di dunia yang ideal setiap halaman akan ditautkan ke setiap halaman lain di tingkat yang sama. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan footer yang terasa seperti sitemap atau halaman "disarankan". Itu memungkinkan Kamu menentukan teks jangkar, dan meneruskan jus tautan dengan bebas dari halaman ke halaman.

Sayangnya tidak mungkin untuk menggambar web seperti itu tanpa menjadi berantakan, jadi Kamu hanya perlu membayangkan seperti apa sebenarnya itu.

Kami hanya memiliki satu hal lagi untuk ditinjau sebelum kami mulai mendapatkan tautan pertama yang menunjuk ke situs kami.

Kembali ke List TOC



Robots.txt, disavow, nofollow, dan hal-hal kecil lainnya

Sebagian besar SEO adalah mengelola hal-hal yang bisa salah. Ada banyak hal, tetapi kami akan membahas apa yang akan memenuhi 99% kebutuhan, dan Kamu bisa Google jika ada sesuatu yang benar-benar gila.

Kembali ke List TOC



Robots.txt

Hampir setiap situs memiliki halaman di url.com/robots.txt - bahkan google punya satu.

Ini hanya file teks biasa yang memungkinkan Kamu memberi tahu perayap mesin pencari apa yang harus dirayapi dan tidak dirayapi. Sebagian besar cukup baik tentang mendengarkan, kecuali Bingbot, yang cukup banyak melakukan apa pun yang diinginkannya, apa pun yang Kamu katakan. (Saya kebanyakan bercanda.)

Jika Kamu tidak ingin Google merayapi halaman (mungkin itu halaman login yang tidak ingin Kamu indeks, halaman arahan, dll.) Kamu bisa "menolak" di robots.txt dengan mengatakan disallow: / somepage.

Jika Kamu menambahkan trailing / ke dalamnya (mis. Disallow: / somepage /) itu juga akan melarang semua halaman anak.

Secara teknis Kamu dapat menentukan aturan yang berbeda untuk bot yang berbeda (atau agen pengguna), tetapi lebih mudah untuk memulai file Kamu dengan "Agen-pengguna: *" jika Kamu tidak membutuhkan aturan perayapan yang terpisah.

Kembali ke List TOC



Disavow

Google akan menghukum situs spam, dan sayangnya ini menyebabkan beberapa perilaku buruk dari aktor jahat. Katakan, misalnya, Kamu ingin mengambil pesaing. Kamu dapat mengirim banyak tautan yang jelas-jelas berisi spam ke situs mereka dan membuat mereka dihukum. Ini disebut "SEO negatif," dan merupakan sesuatu yang sering terjadi dalam kata kunci yang sangat diperebutkan. Google umumnya mencoba berpura-pura seolah itu tidak terjadi.

Namun, jika hal ini terjadi, Kamu dapat "Menolak" tautan di Search Console, yang cukup banyak mengatakan, "Hai Google, jangan hitung yang ini." Saya harap Kamu tidak perlu menggunakannya, tetapi jika Kamu menyewa SEO yang buruk atau diserang oleh pesaing, itulah cara Anda memeranginya.

Kembali ke List TOC



Nofollow

Tautan dapat memiliki properti yang disebut "nofollow" seperti ini:

<a href="http://www.ContohTautan.com" title="keyword" rel="nofollow"> Anchor text </a>.

Jika Kamu ingin menautkan ke seseorang tetapi Kamu tidak ingin itu dihitung sebagai suara (Kamu tidak ingin meneruskan jus tautan), atau Kamu mendukung konten yang dibuat pengguna dan ingin mencegah spammer, Kamu dapat menggunakan nofollow link. Google mengatakan itu mengurangi nilai tautan tersebut. Saya tidak yakin mereka mendiskon banyak, tetapi SEO lain sepertinya mereka mencegah spammer jika tidak ada yang lain.

Kembali ke List TOC



Redirect

Jika Kamu akan mengubah URL, tetapi Kamu tidak ingin jus tautannya hilang, Kamu dapat menggunakan pengalihan 301. 301 akan melewati mayoritas jus tautan.
Kembali ke List TOC




Canonical URLs

Jika Kamu memiliki dua halaman yang hampir sama, Kamu dapat menambahkan sesuatu seperti <link rel = "canonical href =" https://www.someurl.com/somepage "> untuk mengatakan" hei, perlakukan halaman ini seolah-olah itu adalah halaman itu sebagai gantinya, tapi aku tidak ingin memperbaikinya. ”

Dan dengan itu, kami siap untuk membangun tautan pertama kami.

Kembali ke List TOC



Pembuatan Tautan

Membangun tautan adalah tempat SEO benar-benar mulai berarti, dan di mana banyak orang berakhir di dunia yang terluka.

Cara terbaik untuk membangun tautan adalah dengan tidak membangun tautan. Saya telah bekerja untuk perusahaan di masa lalu yang tidak harus meminta mereka, mereka hanya mengalir dari pers, blog pelanggan, posting blog mereka yang luar biasa, dll. Jika ini merupakan opsi (dan kami akan membahas beberapa cara untuk membuatnya lebih mungkin) Kamu berada di tempat yang bagus.

Jika tidak, setidaknya di awal, kami akan secara manual membuat beberapa saja.

Kami akan membuatnya dengan cara yang sah dan tidak mempekerjakan seseorang di Indonesia untuk melakukannya. Itu adalah resep untuk bencana, dan saya bahkan tidak bisa menghitung berapa kali saya telah melihat yang menjatuhkan situs.

Kembali ke List TOC



Web 2.0

Cara termudah untuk membangun tautan berkualitas tinggi adalah apa yang oleh SEO disebut "web 2.0". Itu hanya cara untuk mengatakan "situs sosial" atau situs yang memungkinkan Kamu mengirim barang. Sekarang men-tweet tautan ke jurang tidak akan melakukan apa-apa bagi Kamu, tetapi profil, halaman status, dll. Dan jika mereka berasal dari domain populer yang diperhitungkan sebagai tautan.

Beberapa yang termudah adalah:

Twitter (di bio Kamu)

Github (readme of a repo)

YouTube (deskripsi video - itu harus benar-benar dilihat)

Wordpress (ya, Kamu harus benar-benar membuat blog)

Blogger (sama di sini)

Tumblr

Situs berbasis upvote (HackerNews, GrowthHackers, Inbound.org, dll.)

Jika tidak ada yang lain, Kamu bisa mulai di sana dan mendapatkan setengah lusin hingga lusin tautan. Selalu ada daftar besar "web 2.0" yang dapat Kamu temukan online, tetapi perlu diingat jika Kamu akan membangun sesuatu di platform blogging Kamu harus benar-benar membangun sesuatu. Itu banyak konten dan waktu, tetapi Kamu harus melakukannya dengan cara yang benar.

Kami biasanya menyimpan daftar Web 2.0 yang lebih besar di sini. Beberapa mungkin sudah ketinggalan zaman, tetapi Kamu mungkin hanya harus membangun setengah lusin ke Web 2.0 saja.

Kembali ke List TOC



Domain Kadaluarsa (Expired Domains)

Cara lain untuk mendapatkan jus tautan adalah dengan membeli domain kadaluarsa. Ini lebih sulit dilakukan, tetapi ada banyak opsi seperti expireddomains.net. (Google "domain kadaluwarsa" dan Kamu akan menemukan lusinan situs yang memantaunya.)

Kamu ingin membeli domain yang telah kedaluwarsa dan mengembalikannya semaksimal mungkin ke bentuk aslinya menggunakan arsip. Situs-situs ini mungkin memiliki beberapa jus tautan untuk diteruskan dan Kamu dapat meneruskannya sendiri.

Kembali ke List TOC



Tautan Persimpangan

Cara lain untuk menemukan tempat Kamu dapat membangun tautan adalah dengan menggunakan alat persimpangan tautan. Ini menemukan situs yang menautkan ke "pesaing a" dan "pesaing b" tetapi tidak untuk Kamu. Secara teoritis, jika mereka menautkan ke kedua pesaing Kamu, mereka harus mau menautkannya kepada Kamu. Moz, Ahrefs, LunaMetrics, dan lainnya memiliki alat persimpangan jalan yang berfungsi dengan baik.

Sekarang kami memiliki beberapa tautan dasar yang mengalir, kami akan bekerja pada beberapa strategi yang akan mengirimkan tautan terus-menerus dan menekan, akhirnya sampai pada titik di mana kami tidak perlu membangun lagi tautan.

Kembali ke List TOC



Tetesan Lalu Lintas Pertama Anda - Menjadi Situs Otoritas

Luar biasa - Kamu memiliki situs yang berkonversi dengan baik, SEO ada di tempat, siap untuk mengarahkan lalu lintas. Sekarang apa?

Seperti yang mungkin Kamu pelajari pada titik ini, situs yang mengonversi dengan sangat baik tetapi tidak memiliki lalu lintas yang mengalir ke sana, masih mengonversi lalu lintas nol.

Kami akan memperbaikinya.

Bagian ini membutuhkan banyak waktu dan upaya, dan pada awalnya Kamu mungkin bertanya-tanya apakah Kamu melakukan sesuatu sama sekali. Ingat kelas di perguruan tinggi yang begitu sulit itu titik di mana kebanyakan orang menyerah, secara efektif menyingkirkan orang-orang yang tidak siap untuk mengambil jurusan dalam mata pelajaran tertentu?

Nah ini adalah bab weeder-out hacking pertumbuhan.

Kembali ke List TOC



Ambil Pandangan Jangka Panjang

Alasan begitu banyak orang tersandung pada langkah ini adalah alasan yang sama orang tersandung pada begitu banyak langkah yang membutuhkan sedikit usaha di bawah waktu - menurunkan berat badan, berinvestasi dalam 401 (k), dll. Pada awalnya Kamu akan memiliki sedikit lalu lintas, dan Kamu akan melihat ke atas kepada mereka yang memiliki pohon ek raksasa, berpikir, "Saya pasti melakukan sesuatu yang salah." Kamu tidak melakukan sesuatu yang salah. Lalu lintas dimulai sebagai tetesan sebelum menjadi banjir.

Tapi jangan khawatir jika Kamu pemula. Tujuan kami adalah untuk mendapatkan lalu lintas yang cukup yang terus melakukan upaya ini akan berkelanjutan (artinya kita tidak akan mati sebelum kita mulai melihat hasilnya), tetapi pada saat yang sama kita membangun ekuitas di Internet.

Jenis traffic yang ingin kita bangun adalah tipe yang akan bertambah dan tidak akan pernah hilang. Kami ingin membuat lalu lintas hari ini yang masih akan memberi kami sedikit tetesan dalam lima tahun. Menggabungkan ratusan (atau ribuan) tetesan kecil, situs kami yang mengkonversi, dan produk hebat kami akan membuat sungai raksasa.

Bab-bab selanjutnya akan membahas tentang jaringan-jaringan yang kita perlukan untuk mengarahkan lalu lintas, jadi di bab ini kita akan fokus pada lalu lintas yang agnostik jaringan. Lalu lintas yang tidak bisa kita dapatkan dengan mengetuk jaringan tertentu.

Hanya untuk memberi Kamu gambaran tentang skala, saya telah melihat proses ini mendorong lebih dari 500.000 kunjungan per hari, meskipun peningkatan hingga tingkat itu memakan waktu hampir setahun penuh. Apa yang dapat Kamu lakukan dengan 500.000 kunjungan per hari?

Kembali ke List TOC



Peringatan Pemantauan

Untuk memulai, kami akan menggunakan kata kunci yang kami temukan di bab SEO, dan menyuntikkan diri (dan perusahaan kami) ke dalam percakapan di mana pun itu terjadi.

Untuk melakukan ini kita akan menggunakan perangkat lunak yang disebut BuzzBundle.

Kembali ke List TOC



BuzzBundle

Perangkat lunak ini memungkinkan kita melakukan beberapa hal:
  1. Secara konstan memonitor semua menyebutkan topik tertentu, pesaing, atau kata kunci di beberapa lokasi di Internet (dari grup Facebook hingga pertanyaan Quora hingga posting blog) di mana komentar tersedia
  2. Izinkan kami untuk meninggalkan komentar konstruktif yang merujuk produk atau perusahaan kami
Kembali ke List TOC



Disclaimer (Penafian): Ini bukan spam komentar SEO yang pernah Kamu lihat

Langkah ini membutuhkan pemikiran, usaha, dan manusia sejati yang mengerti apa yang mereka ketikkan. Saya tidak sering mengatakan ini, tetapi Kamu tidak dapat mengotomatiskan langkah ini secara efektif tanpa menjadi spam. Jika Kamu mencoba meniru spam SEO otomatis yang Kamu lihat di berbagai blog dan situs ini mungkin akan berfungsi, tetapi Kamu akan diblokir, klik per tayang Kamu akan menjadi sebagian kecil dari apa yang bisa terjadi, dan Kamu akan dilarang.

Kembali ke List TOC



Komentar Produktif

Kami tidak akan menjalankan beberapa perangkat lunak yang mengerikan untuk menjatuhkan spun menyebutkan sampah ke berbagai bagian komentar daring dengan harapan dapat membawa kita traffic SEO. Komentar kami harus melakukan dua hal:
  1. Bersikaplah kontekstual. Kami hanya akan berbicara tentang topik yang disajikan dalam artikel atau tweet, dan hanya menyebutkan perusahaan kami jika sudah sesuai
  2. Berkontribusi pada percakapan. Saya harus belajar sesuatu atau memiliki nilai tambah dalam hidup saya dengan membaca komentar Kamu.
Jika Kamu melakukan dua hal ini, beberapa perubahan akan terjadi: Pertama, Kamu akan melihat bahwa orang-orang mengklik tautan Kamu karena Kamu adalah orang yang bijaksana yang suka berkontribusi. Kedua, orang akan menghormati perusahaan Kamu karena Kamu adalah orang yang bijaksana yang suka berkontribusi.

Dan dengan penafian itu, kita akan beralih ke seluk-beluk tentang bagaimana hal ini dilakukan.

Sekarang semua itu tidak memungkinkan, mari nyalakan BuzzBundle dan mulai bekerja.

Kembali ke List TOC



Akun dan Persona

Hal pertama yang ingin Kamu lakukan di BuzzBundle adalah buka Akun -> Tambahkan akun baru. Ini adalah titik awal untuk semua yang akan kami lakukan, karena kami membutuhkan akun untuk berkomentar.

Satu hal yang akan Kamu perhatikan tentang BuzzBundle adalah ia memungkinkan Kamu menggunakan banyak akun. Saya merasa bermanfaat untuk berpikir dari berbagai perspektif dan karena itu dari berbagai sudut pandang, tetapi saya tidak ingin terlalu berlebihan dan menjadi spam.

Saya sarankan melakukan sesuatu yang sederhana - membuat 2-3 personas, yang masing-masing Kamu identifikasi, dan masukkan ke dalam akun BuzzBundle Kamu.

Secara pribadi saya bahkan tidak mengubah nama saya, saya hanya menggunakan yang berbeda (mis. Austen J. Allred vs Austen Allred) atau menggunakan beberapa foto, hanya saja itu bukan nama yang sama dan foto yang sama menyelimuti Internet.

Kembali ke List TOC



Disqus

Disqus adalah sistem komentar yang digunakan di semua tempat, dan itu membawa beberapa peringatan. Disqus akan mencekal Kamu jika Kamu menggunakan tautan yang sama di setiap pos, jadi ada dua solusi:
  1. Gunakan banyak akun yang berbeda, putar IP atau gunakan proxy setiap dua hari atau lebih
  2. Gunakan URL situs Kamu sebagai "nama tampilan" Kamu
Keduanya berfungsi, tetapi yang kedua jauh lebih mudah menurut saya.

Kembali ke List TOC



Parameter UTM

Menggunakan tautan dengan parameter UTM kami di sini akan sangat bermanfaat. Kami akan dapat melacak lalu lintas kembali ke setiap blog atau situs, dan jika perlu klik dua kali pada orang-orang yang mengarahkan lalu lintas.

Kembali ke List TOC



Penyingkat Tautan

Jika Kamu pernah mulai mengalami masalah dengan memasang tautan, mungkin ada gunanya menggunakan beberapa penyingkat tautan atau 301 pengalihan.

Untuk membuatnya lebih sederhana, Kamu dapat menggunakan penyingkat tautan yang 301 seperti bit.ly, atau jika Anda ingin menghabiskan sedikit lebih banyak waktu, Kamu dapat mengatur situs Kamu sendiri dan lalu lintas dari halaman tertentu ke situs uang Kamu.

Kembali ke List TOC



Menggunakan BuzzBundle

Mari kita mulai dengan BuzzBundle.

Pertama, itu akan meminta kata kunci Kamu. Kami sudah memiliki kata kunci dari bagian SEO, tetapi kami mungkin ingin melakukan sesuatu yang bahkan lebih umum. Untuk yang ini saya akan pergi dengan "peretasan pertumbuhan."

Cukup tekan "pergi" dan biarkan BuzzBundle memulai.

Ini akan memuat berbagai jenis konten ke dalam kolom yang berbeda, tetapi umumnya kita akan menggulir sampai kita menemukan sesuatu yang terlihat menarik dan seperti kita benar-benar dapat berkontribusi.

Ini adalah ulasan dari buku lain tentang peretasan pertumbuhan. Yang harus saya lakukan adalah mengomentari, memberi tag pada penulis, bertanya kepadanya apakah dia mau meninjau buku kami, dan menawarkan untuk mengirimkannya secara gratis. (Jika Kamu membaca ini sekarang pasti akan terasa canggung).


Asumsi saya adalah orang ini akan menemukan percakapan itu sepenuhnya otentik, karena memang begitu. Fakta bahwa sekarang ada tautan di videonya yang akan ditemukan orang-orang yang mencari sesuatu yang lain hanyalah bonus tambahan.

Selain itu, saya lebih suka menahan "shift" dan mengklik tautan untuk membukanya di browser normal saya jika saya hanya akan berkomentar seperti saya sendiri.

Yang berikutnya saya temukan adalah kumpulan posting blog peretasan pertumbuhan besar dari minggu.

Perhatikan bagaimana saya mengikutinya di Twitter sehingga jelas-jelas bersifat pribadi dan bukan komentar spam otomatis. Aku bahkan sedikit berlebihan dan men-tweet padanya hanya untuk iseng.


Begitulah cara bagaimana mendapatkan orang untuk team Kamu.

Saat Kamu melanjutkan dan memiliki gagasan tentang cara mendapatkan respons yang baik, saya akan merekomendasikan mulai mengurutkan berdasarkan jangkauan, meningkatkan jumlah kata kunci yang Kamu cari, dan bahkan mungkin terkesiap memutakhirkan ke versi berbayar dari BuzzBundle.


Apakah kamu sudah membaca :
5 Tren untuk Mengenal dalam Pemasaran SEO & Konten
6 Alasan Cemerlang Mengapa Kamu Harus Menggunakan Alat SEO
Fakta Tentang SEO Yang Harus Diketahui Setiap CEO
Cara Menghapus Spam Backlinks
Berapa Banyak yang Harus Kamu Bayar untuk Konten SEO?

Berlangganan update post terbaru via email:

2 Responses to "Tutorial SEO Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

  1. asli. seo itu ribet. byk bgt yang harus dipelajari. hampir nyerah dulu. tapi ya bisa nya sabar aja pelajari satu-satu. aku gak ngoyo belajarnya 1 per satu. soalnya kelamaan fokus belajar ginian yang ada ga sempet2 nulis artikel. wkkww

    ReplyDelete
  2. Memang. SEO adalah sebuah proses. Tidak bisa langsung instan jadi. karena harus riset sana-sini

    ReplyDelete

Top Ads

Bottom Ads

Baca Juga

Bottom Ads