Cara Daftar Google News Untuk Blogger

Cara Daftar Google News Untuk Blogger
Cara Daftar Google News Untuk Blogger
GoSEO.id - Siapa yang tidak tau Google News?

Google News adalah layanan yang memberikan informasi terkini / aktual dan kredibel bagi pengguna internet. Google News merupakan layanan yang sangat populer serta bermanfaat tidak hanya bagi pengguna internet (pembaca), akan tetapi juga bagi pemilik website dan blogger seperti kita ini.

Konten dari Google News berasal dari seluruh website di Dunia, termasuk Indonesia. Bagi saya selaku Admin dan Owner GoSEO.id, mampu menempatkan dan mendapatkan tempat di Google News merupakan sebuah keuntungan yang besar. Mengapa? Karena jumlah kunjungan Google News dalam 1 bulan saja bisa mencapai 494 juta pengguna dari seluruh dunia. Jadi ini merupakan dampak yang positif.

Jangan beranggapan bahwa website yang masuk ke Google News hanya berasal dari situs atau media yang terkenal saja. Para blogger seperti kita pun bisa mendaftarkan blog yang kita miliki dan menjadi berita utama asalkan konten yang di publish menarik.

Karena banyak yang menanyakan pada saya "Cara Daftar Google News Untuk Blogger", mari kita simak dan pelajari terlebih dahulu syarat - syarat daftar google news.




Syarat Daftar Google News

Untuk mendaftar pada Google News sebenarnya hanya perlu melakukan dua hal yaitu, mendaftarkan blog yang kamu miliki dan memenuhi kriteria yang diberikan pihak Google. Bagaimana? Mudah bukan?

Sebelum kita masuk ke langkah nendaftarkan blog ke Google News, mari simak dan pelajari syaratnya terlebih dahulu sebagai berikut :

1. Buatlah Blog

Buatlah blog dengan jenis niche apapun yang kamu inginkan atau yang menjadi topik utama kamu. Proses seleksi saat mendaftarkan blog kamu dilakukan Manual oleh pihak Google. Karena mereka ingin memastikan blog yang kamu punya sesuai dengan layanan Google News, yaitu : Menyediakan Berita Terbaru dan Penting.
Kembali ke List TOC



2. Konten Berkualitas

Mempunyai konten yang berkualitas adalah yang penting dan menjadi salah satu syarat layanan Google News. Konten dengan kualitas yang bagus pun merupakan sebuah kunci untuk mendapatkan peringkat utama pada mesin pencari. Bagaimana konten yang berkualitas yang dimaksud ?

~ Tidak Menjiplak Konten Orang

Buatlah konten dengan tidak menjiplak atau meng-copy paste artikel orang lain. Hargai konten orang lain dan buatlah konten yang unik. Dengan konten yang unik pihak Google News akan menganggap bahwa ini merupakan berita yang baru. Tulislah konten dengan gaya bahasamu sendiri dan jadikan pula dirimu sebagai pembaca untuk mereview hasil tulisanmu.

~ Fokus Ke Satu Niche

Usahakan fokus blog kamu ke satu niche dan tidak bercampur dengan konten lain. Misalnya niche bisnis. Dengan fokus ke satu niche, pengunjung memahami isi blog yang kamu miliki, serta pihak Google News pun mudah mengkategorikannya. 

~ Keep Update

Seperti yang disebutkan sebelumnya, "Menyediakan Berita Terbaru dan Penting" merupakan ciri dan syarat Google News. Kamu dituntut untuk selalu menerbitkan konten. Setidaknya sekali dalam sehari. Lebih banyak konten yang bisa kamu publish dalam sehari akan lebih bagus.

~ Hindari Konten Yang Dilarang

Memiliki konten yang unik bukan berarti kamu bisa mempublish apa saja. Google News juga memiliki kriteria konten yang dilarang seperti konten kekerasan, konten seksual, konten kebencian, ataupun konten yang melanggar hak cipta. Jika kamu memiliki salah satu konten tersebut, Google News akan menolak pendaftaran yang kamu lakukan.
Kembali ke List TOC



3. Perhatikan Struktur Blog

Google News juga memiliki ketentuan teknis sebagai syarat. Ikuti ketentuan ini agar saat mendaftar blog yang kamu miliki cepat diterima, yaitu :

~ URL Yang Baik Dan Tidak Berubah

Google News tidak akan menerima URL yang berubah ubah. Alasan pihak Google News tidak dapat menerimanya adalah mesin crawl Google tidak bisa mendeteksi konten dengan baik jika konten yang kamu miliki memiliki URL yang berubah ubah.

~ Tampilan Blog Yang Menarik Dan Responsif

Agar pengguna nyaman dalam membaca, Google News memprioritaskan kamu memiliki tampilan blog yang menarik dan responsive di segala device. Blog dengan tampilan yang menarik, simple dan memiliki loading yang cepat yang lebih diutamakan.
Hasil Test Google Insight GoSEO.id
Hasil Test Google Insight GoSEO.id

Agar blog kamu memiliki loading yang cepat, silahkan baca artikel ini :
Meningkatkan Kecepatan Blog Dengan Cloudflare

~ Menu Navigasi

Pastikan blog kamu juga memiliki Menu Navigasi. Menu Navigasi berguna untuk pengunjung agar lebih mudah menentukan kategori yang ingin dikunjungi. Navigasi juga merupakan salah satu faktor dalam proses seleksi Google News.
Kembali ke List TOC



4. Identitas Blog

Pastikan blog yang kamu miliki mempunyai halaman "About" yang mampu menjelaskan identitas sebuah blog. Karena Google News menjadikan tahap ini sebagai tahap verifikasi yang penting. Jelaskan profil kontributor atau penulis kamu dan gunakan foto akan menjadi nilai lebih.
Kembali ke List TOC



Cara Daftar Google News Untuk Blogger

Setelah kamu mengikuti dan menurut kamu syarat tersebut sudah kamu penuhi, sekaranglah saatnya kita masuk ke tahap mendaftarkan blog ke Google News. Ikuti cara berikut ini :
Kembali ke List TOC



1. Login Dengan Akun Google

Silahkan Masuk Ke Halaman Ini dan login dengan menggunakan akun Google Kamu.
Kembali ke List TOC



2. Verifikasi Akun Kepemilikan Website

Lalu verifikasikan kepemilikan blog kamu ke Google Search Console atau klik Link Ini. Google Search Console merupakan mesin Crawl milik Google. Tujuan meng-crawl blog kamu pada Google Search Console adalah agar setiap konten yang kamu miliki masuk ke mesin pencarinya Google dan memudahkan Google News mengupdate setiap perubahan yang terjadi pada blog.
Kembali ke List TOC



3. Masuk Ke Google News Publisher Center

Masuk ke Google News Publisher Center atau klik Link Ini. Kamu akan melihat tampilan seperti dibawah jika kamu baru pertama kali mendaftar ke Google News.
Publisher Center
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Kembali ke List TOC



4. Tambahkan Nama Blog

Tambahkan nama blog kamu dengan klik Add publication pada bilah navigasi sebelah kiri atau seperti gambar berikut ini :
Publisher Center
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Kembali ke List TOC



5. Tab General

Lalu, isikan informasi - informasi blog kamu pada tab General sesuai dengan Basic Information, Website property URL, Location, Contact, Distribution dan Tracking Form atau ikuti panduan gambar dibawah ini :
  • Basic Information
    Input informasi berikut ini sesuai dengan blogmu.
    Basic Information
    Basic Information - Klik Gambar Untuk Memperbesar
  • Website Property URL
    Input alamat situs / blog kamu pada form ini, lalu verifikasikan pada search console. Lihat gambar ini sebagai panduan :
    Website Property URL
    Website Property URL - Klik Gambar Untuk Memperbesar
  • Location dan Contact
    Pilih Location Indonesia jika kamu saat ini di Indonesia. Form Location ini muncul setelah kamu memverifikasikan blog pada Search Console. Input juga informasi Contact dan isikan email yang kamu miliki untuk mendapatkan update dan technical issues. Kamu bisa menambahkan email lain dan menyesuaikannya jika ingin Technical Issues dan Product Updates dibedakan email.
    Location dan Contact
    Location dan Contact - Klik Gambar Untuk Memperbesar
  • Distribution
    Kamu dapat memilih blog kamu ditampilkan ke seluruh dunia atau ditargetkan ke negara tertentu. Disini GoSEO.id memberikan contoh target ke negara kita tercinta, INDONESIA.
    Distribution
    Distribution - Klik Gambar Untuk Memperbesar
  • Tracking
    Input form Tracking dengan mengisikan ID Google Analytics kamu. Ganti UA-111111111-1 seperti di gambar dengan ID-mu sendiri.
    Tracking
    Tracking - Klik Gambar Untuk Memperbesar
Setelah form pada tab general terisi semua, silahkan klik button Next.

Kembali ke List TOC



6. Tab Content

Pada tab Content, khususnya pada Sections. Tambahkan Sitemap blog kamu dengan klik button New section => dan pilih Feed.
Tambahkan Sitemap
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Isi dan sesuaikan dengan blog kamu seperti contoh pada gambar dibawah ini :
Tambahkan Sitemap
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Pada kolom RSS or Atom feed URL (required), copy Sitemap URL dibawah ini :
https://www.goseo.id/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
Ganti www.goseo.id dengan alamat blog kamu. Untuk Duplicate image removal bisa kamu Un-Centang saja, lalu klik button Next untuk melanjutkan ke tab Image.


Kembali ke List TOC



7. Tab Image

Sekarang kita berada pada tab Image. Silahkan upload Squere Logo dan Wide Logo blog kamu. Pada Square Logo, upload logo blog kamu dengan dimensi 1000x1000px dan dengan menggunakan ekstensi .PNG , karena dimensi dan ekstensi ini merupakan hal yang direkomendasikan oleh Google News. Sedangkan pada Wide Logo, kamu boleh tidak meng-uploadnya. Akan tetapi akan menjadi nilai tambah jika kamu menyediakan dan menguploadnya. Dimensi yang direkomendasikan oleh Google News untuk Wide Logo adalah 400x40px dan dengan menggunakan ekstensi .PNG.
Tab Image
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Jika kamu telah selesai mengupload logo blog kamu, silahkan klik button Next untuk melanjutkan.
Kembali ke List TOC



8. Tab Ads

Pada tab ini kamu bisa memasukkan Google Adsense untuk menghasilkan uang tambahan. Pilih ID Google Adsense-mu, lalu atur juga seberapa banyak iklan yang akan tayang pada aplikasi Google News, dan pada Publisher-managed ads pilih tools yang kamu inginkan untuk mengatur inventory iklan. Pada tahap ini GoSEO.id memilih Google Ad Manager sebagai tools yang mengatur inventory iklan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
Tab Ads
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Tab Ads
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Jika kamu telah selesai pada tab ini, silahkan klik button Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Kembali ke List TOC



9. Tab Advanced

Pada tab ini kamu dapat mengkostumasi tampilan blog kamu pada aplikasi Google News. Jika kamu mengerti CSS silahkan dikostumasi, akan tetapi jika kamu tidak mengerti, kamu dapat skip tahap ini dikarenakan Google News sudah memberikan CSS default untuk tampilan blog kamu pada aplikasi Google News. Klik button Next untuk masuk ke tahap akhir.
Kembali ke List TOC



10. Tab Review & Publish

Lihat, apakah ada potensi permasalahan yang muncul pada Idetified issues. Jika ada silahkan perbaiki. Jika tidak ada permasalahan dan kamu sudah yakin, silahkan klik button Follow Publication untuk testing. Lalu silahkan tekan button SAVE. Selanjutnya tekan button Publish pada Publishing Status dan silahkan menunggu karena permintaan kamu sedang di review secara manual oleh pihak Google News.

Jika permintaan kamu diterima, maka kamu akan mendapatkan email seperti ini :
Email Google News
Klik Gambar Untuk Memperbesar
Selamat mencoba dan semoga diterima, aamiin.

Semoga artikel "Cara Daftar Google News Untuk Blogger" ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang tidak dimengerti.

Apakah kamu sudah membaca :
Cara Bot Facebook Messenger Meningkatkan Bisnis Online
Embed Video Blogger Agar Responsive
Meningkatkan Kecepatan Blog Dengan Cloudflare
Perbedaan Visitor dan Unique Visitor Google Analytics
Menghilangkan URL ?m=1 Blogger
Membuat Press Release yang Baik dan Disukai Media
Membuat URL Sumber Otomatis Blogger
Membuat URL Shortener Dengan Javascript
Email Marketing
Cara Menghapus Spam Backlinks
Mempercepat Loading Iklan Adsense Terbaru
Media Sosial Sebagai Peningkat Traffic Bisnis
Tutorial SEO Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Cara Membuat Strategi Konten
Mengapa Teknis SEO & On-Site SEO Cukup Jarang
Rekomendasi SEO untuk YouTube
Bagaimana Menghindari Kesalahan Informasi SEO
Ebook Blogger Profesional, Adsense, FB Ads Serta SEO Terlengkap
10 Cara Menghasilkan Dari Blog Tanpa Google Adsense
Show comments
Hide comments

35 komentar

  1. Thanks infonya...
    Kalau bagian step admanager boleh di skip kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan..
      Pada bagian itu hanya untuk menampilkan iklan dan mengatur iklan yang tampil..

      Hapus
    2. Nggak bisa gan...
      Hasil preview nya nihil..
      Feednya nggak kebaca

      Hapus
    3. Bisa kok gan, coba diteliti lg.. ☺️
      Saya bisa dgn cara diatas..

      utk feed, sitemapnya juga bisa diganti dgn https://namablog.com/sitemap.xml

      silahkan dicoba gan..

      Hapus
    4. Tetap nggak bisa ..
      Saya udah coba semua url feed... hasilnya nihil

      Hapus
    5. Silahkan kirimkan Screenshot ke Email saya, biar saya bantu :)

      Hapus
    6. Cek pesan FB...udah ku kirim dari kemaren

      Hapus
  2. Sebenarnya pengen daftar google news tapi karena kesibukan dan sehari kadang gak update ya jadi gak ada niatan daftar.

    BalasHapus
  3. Terima kasih Admin sudah berbagi tips mengenai buat daftar Google News.

    Jujur nih 1 jam ane stay di halaman ini, baru kelar wkkwwk...

    Top rekor bagiku fokus dalam satu halaman gk kemana mana nih :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kang Ads sudah hadir dan membaca artikel ini... :)

      Hapus
  4. Kalo udah pernah verified di google search console kok diverified lagi ga berubah statusnya ya di publisher center nya? Jadi saya gagal di tahap verifikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal bagaimana yaa gan?
      silahkan kirimkan screenshot ke email saya agar bisa saya bantu..

      Hapus
  5. satu jam juga ahh akihirnya kelar

    BalasHapus
  6. siang mas.. sy ingin menanyakan..kok pada saat pingin memasukan kode pub adsansenya ndak bisa2 ya mas.. apa mesti nunggu reviewnya berhasilkah.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, tanpa per;u menunggu hasil review lagi..
      pada tahap itu pun bisa di skip, karena tahapan itu hanya untuk mengatur atau pembagian hasil adsense..

      Hapus
  7. Terimakasih banyak gan tutorialnya. sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 gan, asal bisa berguna untuk semua orang..
      Semoga lekas diterima oleh gnews ☺️

      Hapus
  8. Makasih gan . Tapi kok tampilan di google newsnya ga ada gambar thumbnailnya ya. Gmn gan cara menampilkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar ada tampilan thumbnailnya pada GNews, Feed situs pada blogger diubah pengaturannya jadi "Penuh"

      Hapus
    2. Baik gan. Makasih banyak saya coba

      Hapus
  9. saya sudah mengikuti step sampai akhir feed konten juga sudah muncul di bagian akhir. lalu selanjutnya bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di Simpan dan publikasikan gan.. Semoga diterima oleh GNews reviewnya..

      Hapus
  10. tapi gambar artikel tidak semua tampil, itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu biasanya karena pengaturan feed tidak dibuat penuh gan

      Hapus
  11. Kok saya di bagian content yang ngasih feed itu gagal ya? "There are no articles in this section." cara mengatasi nya gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan. Kalau ini biasanya membutuhkan waktu agar feed tersebut dapat membaca setiap artikel pada blog.

      Hapus
  12. ssetelah bolak-balik ngiutin baca dari atas ke bawah balik ke atas lagi, akhirnya berhasil publish walau tanpa gambar. trimakasih mas tutorialnya. semoga diterima blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 gan,semoga bermanfaat dan segera diterima blognya dan sukses terus..

      Hapus
  13. Mas, saya sudah mendaftar terus ada tulisan live, tapi ga dapat email atau notifikasi apapun. Saat saya cek di aplikasi Google Berita sudah muncul dan ada artikelnya. Jadi itu diterima atau ga ya? Terima kasih...

    BalasHapus
  14. kalo kek gini tandanya sudah diterima apa belum ya? https://prnt.sc/uezh0u terus di dasbor gnews saya sudah ada tampilan blog saya sama kek featured image di postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah diterima gan, selamat dan sukses trus utk blognya..

      Hapus
  15. mas pada tab content itu biasanya berapa hari supaya bisa dibaca semua oleh google rss feed saya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya langsung muncul gan, kecuali ada pengaturan yang menutup rss tersebut.
      Sebagai contoh, agan menutup pengaturan RSS pada blogger agan, sehingga terpengaruh juga pada GNews nya..

      Hapus


EmoticonEmoticon